Selamat Datang Di Portal Website Resmi Nagari Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Omeh  | Jalan Tan Malaka Komplek TUGU PDRI Kototinggi Kode Pos 26256 | Dengan Merencanakan Pembangunan Yang Berkualitas dan Berkelanjutan Kita Wujudkan Nagari Koto Tinggi Lebih Maju

Halaman Berita Nagari

Barabah Mandi Tunjukkan Aksinya Ketika Berakting Untuk Pembuatan Iklan Sarugo Oleh Denai TV


26 Desember 2019 19:04:24 nova Berita

Sarugo jorong sungai dedap 24 Desember 2019. Kegiatan Shooting iklan yang kedua oleh stasiun Denai Tv yang bertujuan untuk mengangkat dan mempromosikan pesona serta nilai budaya yang asli dari Sarugo ke tengah masyarakat indonesia khususnya dan turis mancanegara pada umumnya.

Pada kesempatan ini Sanggar Barabah Mandi membuktikan aksi ketangkasannya dalam memamerkan silat tradisional yang di wariskan nenek moyang Sarugo Turun temurun dan sampai saat ini silat Sarugo masih asli dan belum pernah ada kolaborasi dengan silat moderen lainnya.
Dari situ kita dapat melihat bahwa kearifan lokal yang di miliki sarugo masih sangat asli begitu juga dengan adat istiadat yang mereka tekuni sebagai panutan dalam kehidupan sehari hari, masih berbasis tradisional meski jenjang pendidikan dan kemoderenan sudah masuk ke nagari sarugo sejak lama, namun ke 19 niniak mamak yang di ketuai oleh DT.Siri. masih tetap membudayakan aturan dan budaya zaman nenek moyang Sarugo, dan menerima kemoderenan dengan persi yang sesuai dengan aqidah dan aturan adat yang mereka panuti.

Dengan ketaatan dan patuhnya anak kemenakan kepada niniak mamak selaku pucuk pimpinan dalam bermasyarakat sampai kini keaslian tata krama, tutur bahasa ,sopan santun juga cara berpakayan secara muslimah dan berbaju kurung ala adat minang masih kental di negri Sarugo. Ini merupakan salah satu peradaban adat minang kabau sejak zaman dulu.
Yang sangat menarik dalam diri dan wadah sarugo ini adalah culture nya karena Di negri seribu ginjong ini menampilkan ke arifan lokal yang sangat sederhana dan sempurna di tengah kemajuan teknologi dan telekomunikasi.
Masyarakat Sarugo sepakat dari dulu sampai kini untuk hidup rukun dan apa adanya patuh kepada titah niniak mamak masing masing dan terbukti dari tahun 1832 penduduk sarugo hidup berdampingan dan bahu membahu sesama tetangga meski berlainan suku.
Ini salah satu sikap yang di pegang teguh oleh pemangku adat yang merupakan wariskan para leluhur negri Seribu Gonjong.

Nova.

Gambar tambahan


Gambar tambahan


Komentar artikel ini : Barabah Mandi Tunjukkan Aksinya Ketika Berakting Untuk Pembuatan Iklan Sarugo Oleh Denai TV

Tulis Komentar

Belum Ada Komentar.

Silakan tulis komentar dengan menekan tombol Komentar dan jangan lupa Gunakan bahasa yang santun. Terima Kasih.